Two Months in Kerjaan Baru
Yeay ga kerasa ya udah hampir 2 bulan kerja di tempat baru sebagai marketing. Udah mulai biasa nih sama kerjaan nya, biasa juga sama capeknya dan biasa sama pusingnya.
Trus apa aja sih yang dua bulan ini aku dapatkan di kerjaan baru? Udah bisa apa aja nih selama dua bulan ini? Hmm kita ceritakan dari awal aja kali ya.
Kalau diawal kerja kan namanya anak baru ya. Banyak ga tau nya dan banyak bingung nya. Awal-awal nya paling berasa kayak susah banget tuh hafalin produk, soalnya ada banyak produk, dengan harga yang beda dan kode-kode yang berbeda, belum satu produk harus melewati banyak proses ini itu.
Di minggu pertama kemarin masih mempelajari sistem nya, kira-kira ada apa aja, masih meraba lah gitu. Masih enjoy belum bingung soalnya ya belum berasa kerja sih hehe. Minggu kedua udah mulai pegang orderan sendiri, tapi ya gitu masih lama banget buat input satu orderan doang, bentar-bentar nanya ke partner kerja buat inputnya. Sebenernya ada partner yang emang cuma sama dia doang aku kerja, tapi awal-awal agak krik, bingung, dan malas nanya juga sih ke partner kerja yang itu. Kenapa begitu? Karena sedikit ngeselin aja orangnya, ngomongnya ceplas-ceplos. Awalnya mikir "ih kerja kok kek gitu" males kan kalau kita jadi banyak tanya yang akhirnya malah di ocehin atau dijudesin. Ya menurut ku kerja biasa aja yang baik-baik, gak perlu yang so judes, so kasar dan lainnya atau mungkin itu proses training anak baru? I don't know. Nah, kalau sekarang udah dua bulan gimana nih ada perubahan? No! dia masih sama tapi aku udah biasa hadepinnya malah sekarang kaya Tom and Jerry lah pokoknya yang ga pernah akur tapi sebenarnya kita baik-baik aja, orangnya aja cara kerjanya begitu ceplas-ceplos yaudah ikutin aja kan ya.
Makin kesini berasa seru juga sih kerjanya. Kaya balasin orderan di WA, bikin penawaran, ketemu customer offline, greeting customer, tanya kebutuhan nya, ngejelasin produk-produk yang kita jual, closingan, pantau produksi. Selama dua bulan ini aku still happy dengan kegiatan tersebut.
Cuma ada beberapa point kekurangan yang aku temukan saat balas cust corporate. Cara balas pesan nya itu kesannya gak formal. Ya seperti kita ngobrol ke customer biasa aja, padahal ini customer corporate yang mereka biasanya sibuk dan gak mau buang-buang waktu.
Seperti halnya, gak pakai bahasa yang baku dan terlalu banyak kirim pesan dalam waktu bersamaan, maksudnya gak sekali enter trus dapat semua point yang mau disampaikan. Perlu berkali-kali enter. Aku sendiri gak suka sih kalau kaya gitu. So ini jadi point yang harus terus diperbaiki.
Dari kerjaan corporate ini aku jadi tahu gimana cara membuat penawaran. Kalau mau menawarkan barang ke perusahaan kan sebenarnya mereka beli bukan untuk dirinya, tapi untuk perusahaan. Jadi tawarkan harga yang bagus dulu dengan harga yang lumayan hehe. Kalau budget perusahaan itu masuk ya mereka akan order. Kalau budgetnya kurang tapi mereka ingin barang bagus pasti mereka nawar dulu. It's oke kita bisa mulai lakukan negosiasi biar dua-duanya untung. Caranya bisa diskon, bisa potong harga langsung, bisa rekomendasi bahan yang lainnya dibawah dari bahan yang paling bagus, dan masih banyak cara lagi.
Kalau menghadapi customer corporate tuh susah-susah gampang, gampang nya kalau budget gede terus pic nya gak rempong, bakal cepet deh closingan nya. Lah kalau budgetnya kecil, cancel terus deh closingannya atau kalau pic nya rempong, hmm kerja serasa ngeri salah terus, nantikan rugi dong.
Yang menarik lainnya kalau bikin penawaran aku bakal disibukan dengan kalkulator, katalog, dan data-data dari konsumen. Rasanya tuh kaya seneng aja, apalagi kalau potensi orderannya gede haha. Jadi bagian yang ditunggu-tunggu deh. Eitss! tapi itu kalau harganya udah pasti ya, kalau ternyata customer corporate banyak request nya dan ga ada harga pastinya beda cerita lagi itu. Udah muter otak ternyata harga nya gak kepake.
Masih ada hal yang sering kelupaan saat input orderan dan bikin jantungan diri sendiri. Apa aja tuh? Biasanya untuk barang-barang yang memang banyak request nya, barang-barang custom deh. Jadi customer minta dibuatkan barang-barang a b c, ternyata di barang-barang itu kalau kita buat bakal banyak steps nya. Aku yang gatau proses produksi nya bisa aja salah kasih harga, bisa aja salah menjelaskan prosesnya, bisa aja mengiyakan sesuatu hal yang sebenarnya gak bisa. So jadi gimana? Ya akhirnya harus banyak-banyak nanya deh, banyak-banyak konfirmasi juga sama atasan, supaya bisa dikoreksi mana yang benar dan salah. Daripada udah sampai customer nanti semakin rumit.
Dan ternyata banyak yang harus disiapkan ya kalau berurusan dengan customer corporate, dari invoice, faktur pajak nya, sampai barang orderannya pun gak boleh beda sedikitpun dari yang mereka mau. Makanya harus ekstra hati-hati tapi tetep aja namanya juga banyak tangan, banyak proses yang harus dialihkan. Ditambah lagi minusnya pengetahuan dari customer yang sendiri. Order A dengan bahan biasa tapi ekspektasi tinggi. Giliran ada apa-apa tetap aja pelanggan adalah raja.
Tapi ya sudah deh itu salah satu hal yang harus dilewati kalau memang kita jualan. Pokoknya hati-hati dan lakukan apa yang baik dan seharusnya sesuai prosedur, sambil berdoa semoga terus dilindungi dan jangan lupa fokus.
Comments
Post a Comment