3 Konsep Pelayanan Prima

Bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa memiliki pelayanan prima merupakan kunci untuk mendapatkan customer. Pada dasarnya pelayanan prima yaitu pelayanan maximal untuk memuaskan pelanggan, pelayanan yang berkomitmen menciptakan layanan dan produk kualitas tinggi. Efeknya memberikan keuntungan yaan pada perusahaan dengan bertambahnya loyalitas customer. 

Saya menyadari bahwa pekerjaan yang berhubungan langsung dengan customer bukan lah hal yang mudah. Ia harus mempunyai mental yang kuat, prima, ketika dihadapkan dengan berbagai macam karakter customer. 

Menjadi garda terdepan untuk melayani konsumen membuat saya harus menawarkan jasa yang sifatnya tidak terwujud agar memenuhi kebutuhan konsumen

Pelayanan prima sendiri berarti melayani konsumen sebaik mungkin dan menciptakan kepuasan pada konsumen. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika ada orang yang memberi pelayanan secara asal dan buruk. Hal tersebut dapat memberikan ketidaknyaman pada customer dan perlahan loyalitas customer berkurang.

Lebih lanjut, ada beberapa konsep pelayanan prima yang menurut saya penting untuk diketahui dan diimplementasikan. 

Konsep attitude

Sebagai garda terdepan dari perusahaan yang memberi pelayanan seharusnya memiliki sikap ramah, sopan, santun dan profesional dengan situasi apapun menjadi suatu keharusan. Sebab para customer akan memberikan kesan pertama ketika berhubungan dengan garda terdepan atau siapapun yang berhubungan langsung dengan customer. Pelayanan tersebut akan mencerminkan citra perusahaan secara langsung. 

Itulah mengapa attitude menjadi hal penting yang mendorong kepuasan pada customer. Seorang customer menginginkan perilaku yang baik dari pegawai tersebut. Dengan begitu customer merasa dihargai, dilayani, dan diperhatikan. 

Ada satu cerita ketika saya dihadapkan dengan customer yang saat saya sedang menjelaskan. Customer tersebut mengeluarkan gestur yang kurang baik, seperti tidak peduli pada apapun yang saya jelaskan. Apakah saya harus merespon seperti itu juga? Tidak, saya harus tetap memberikan pelayanan prima, memberikan gestur dan tutur kata yang baik. 

Oleh sebab itu, saya belajar bahwa keserasian antara raut wajah, gestur, tutur kata, sopan santun, penampilan, tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Pemberi layanan yang baik adalah mereka yang bisa mengontrol attitude nya baik ketika dihadapkan dengan berbagai macam customer. 

Konsep attention

Berikutnya adalah konsep attention memahami dan mendengarkan kebutuhan dari customer. Attention adalah bentuk kepedulian terhadap kebutuhan, pertanyaan dan keluhan customer. 

Ketika customer memberikan tanda membutuhkan bantuan atau mengeluh kan sesuatu. Segera lah layani dan beri bantuan. Proses tersebut menjadi sebuah nilai plus dari pelayanan ketika customer merasa diperhatikan, didengarkan, dan dipenuhi kebutuhannya.

Konsep ini pun bisa memberi rasa kepercayaan kepada customer supaya membeli barang atau jasa yang ditawarkan dan menghindari kemungkinan komplain ketika customer merasa tidak dilayani dengan baik.

Konsep action

Konsep action yaitu memberikan tindakan nyata untuk memenuhi kebutuhan customer. Contoh konsep action seperti menyambut customer dengan senyum dan sapaan ramah, mempersilahkan duduk, mengantarkan ke tempat yang ingin dituju, menjelaskan produk dengan jelas dan mencatat segala kebutuhan customer. Hal ini merupakan tindakan nyata yang bisa dilakukan agar customer merasa puas. 

Tidak lupa setelah memenuhi kebutuhan customer ucapkan salam dan tanyakan apa ada yang bisa dibantu kembali. 

Dalam praktiknya pelayanan prima bertujuan untuk menawarkan layanan berkualitas, menciptakan kepercayaan, menawarkan informasi dan menawarkan kepuasan. 

Dengan kata lain pelayanan prima merupakan jalan untuk mempertahankan pelanggan dan mendatangkan pelanggan baru. Jika berhasil membentuk kepercayaan pelanggan, maka loyalitas dan minat pelanggan akan tetap tinggi. 



Comments

Popular posts from this blog

Mengapa warna kulit manusia berbeda-beda?

Walking Tour at Museum Taman Prasasti

Two Months in Kerjaan Baru